728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    PRODUK BENDERA MENYEBAR KE SELURUH WILAYAH NUSANTARA

    Garut News, (31/7).

         Produk bendera merah putih dan umbul – umbul termasuk bentangan kain latar merah putih, yang dijual setiap menjelang peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, produk asal Kecamatan Leles Kabupaten Garut, menyebar ke seluruh wilayah Nusantara.

         Demikian diakui salah-seorang pedagangnya, Uun(52) warga Kampung Kaum Desa Salam Nunggal Leles, yang tengah menggelar dagangan serupa di lintasan Jl. Pembangunan tepatnya depan Dinas Perkebunan Kabupaten, Sabtu.

         Kepada Garut News, dia mengaku berjualan sejak tiga hari lalu mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dengan beragam ukuran bendera merah putih mulai harga Rp1.500/lembar hingga Rp30 ribu/lembar.

          Sedangkan umbul-umbul dijualnya seharga Rp25 ribu per unit, sementara kain latar merah putih Rp300 ribu, katanya.

          Namun yang paling menguntungkan jika berjualan di Provinsi Papua, karena nilai jualnya bisa empat kali lipat dibandingkan apabila berjualan di Garut.

          Sehingga sejak beberapa tahun lalu, banyak yang berdagang ke Palu Sulawesi Tengah, Makasar, Lombok Nusa Tenggara Barat, Medan Sumatera Utara, Kalimantan hingga ke Papua termasuk ke Free Port Timika, katanya.

          Namun para pedagang itu, selain terdapat yang bermodalkan sendiri juga terdapat diantaranya, yang memanfaatkan dana pinjaman dari kampung dengan agunan tanah dan rumah.

         Pernah terjadi saat berdagang di Sulawesi, harga komoditi tersebut menjadi jatuh akibat terdapat Bandar dengan modalnya sendiri menjual dengan harga sangat murah.

         Mengakibatkan pedagang dengan dana pinjaman ikut-ikutan banting harga, sehingga keuntungannya sangat minim dan habis terserap biaya transfortasi serta biaya hidup se hari-hari, mengakibatkan hingga kini tak bisa pulang ke Leles.

         Sebab di kampung pun rumah dan tanahnya telah dijabel pemilik modal,  ungkap Uun menuturkan dinamika para penjual bendera merah putih beserta umbul-umbul menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI, setiap tahunnya. *** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PRODUK BENDERA MENYEBAR KE SELURUH WILAYAH NUSANTARA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top