PEMKAB GARUT SEGERA TERTIBKAN PENAMBANGAN ILEGAL

Garut News, (31/5).

     Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, H. Hilman Faridz, SE, M.Si menegaskan akan segera menertibkan berbagai aktivitas penambangan ilegal di daerahnya.

      Sehingga akan segera dilakukan inventarisasi ke setiap lokasi penambangan emas, untuk mengetahui jumlah masyarakat yang terlibat serta tingkat kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya, sedangkan upaya penindakannya akan melibatkan tim gabungan antara lain terdiri aparat penegak hukum, katanya, Senin.

      Para penambang ilegal tersebut, inisiator dan pemodalnya umumnya warga asal luar Kabupaten Garut sedangkan warga setempat hanya berprofesi sebagai buruh, namun diindikasikan warga setempatlah yang dikedepankan atau dibenturkan kepada aparat yang akan melakukan penertibannya selama ini.

      Sehingga kondisi yang memprihatinkan tersebut, akan segera ditertibkan sekaligus dilaksanakan kajian mengenai potensi emas yang terkandung pada setiap lokasi penambangan liar itu, ungkap Sekda.

     Karena dipastikan pula berlangsung proses pencucian tanah yang telah ditambang, dengan memanfaatkan zat kimia yang bisa menghasilkan limbah mercuri, sehingga dapat mencemari lingkungan sekitarnya.

     Selain itu, lokasi penggaliannya pun dipastikan pula tak dilakukan rehabilitasi kembali mengakibatkan semakin banyaknya lubang bekas galian, yang dapat menimbulkan bencana tanah longsor serta banjir lumpur, jika diguyur hujan berintensitas tinggi secara terus-menerus. **** (John).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar