728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    PENANGANAN LONGSOR PASIR GUNUNG PERLU LINTAS SEKTORAL

    Garut News, (17/5).

         Kadis Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Garut Ir Widyana menyatakan, Senin penanganan longsor pasir dari tebing kaki gunung Putri yang merupakan anak gunungapi Guntur, perlu dilakukan secara lintas sektoral.

        Terdiri dari Badan Geologi, Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCS), Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) serta institusi teknis lainnya, termasuk penanggulangan dampaknya berupa kerusakan jalan dari Dinas Bina Marga.

        Sedangkan penanggulangan beberapa sumber air bersih untuk konsumsi masyarakat, yang kini terkubur endapan pasir, penanganannya bisa dilakukan oleh Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Cipta Karya (Pertacip) kabupaten setempat, ungkap Widyana.

        Sementara itu Dinas SDAP yang dia pimpin, menanggulangi kerusakan sumber dan jaringan air yang mengganggu irigasi pertanian, katanya.

        Diungkapkan, pihaknya pun telah melayangkan surat resmi untuk rencana pembangunan cekdam atau penampung lahar dingin, karena sekitar kaki gunung itu sarat dihuni pemukiman masyarakat yang kini semakin terancam longsoran pasir.

        Bahkan telah terdapat sekurang kurangnya 75 rumah penduduk, areal pertanian dan kolam yang kini terendam longsoran pasir tersebut, katanya.

        Membangun kantong lahar diperlukan areal sekitar dua hektare, selain itu juga diperlukan upaya reboisasi lahan kritis di kawasan bukit dan lereng kritis kaki gunung Putri itu, yang pengelolaannya dilaksanakan pihak BKSDA berstatus sebagai hutan lindung.

        Widyana mengingatkan pula, di kawasan kaki gunung Putri sangat banyak dihuni penduduk, sehingga tak bisa dilakukan penambangan pasir, kondisinya beda dengan di gunungapi Galunggung yang disekitarnya tak banyak dihuni warga, katanya. (John) ****
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PENANGANAN LONGSOR PASIR GUNUNG PERLU LINTAS SEKTORAL Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top