728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    JALAN DESA AMBLAS DAN 75 RUMAH TERENDAM

    Garut News, (16/5).

         Kabag Informatika Garut, Dik Dik Hendrajaya melaporkan, Minggu jalan lintas Desa Sukawangi dengan Panjiwangi kini amblas sepanjang puluhan meter sedalam satu meter, serta 75 rumah di Perkampungan Cipulus masih terendam.

        Selain itu di Kampung Taman, sebuah rumah beserta seluruh isinya terendam banjir dan pasir setinggi 1,2 meter, sedangkan dua rumah lainnya saat ini nyaris rubuh, seluruhnya terjadi di wilayah kecamatan Tarogong Kaler yang selama ini sering dilanda banjir pasir dari longsoran tebing anak gunungapi Guntur.  

        Dihubungi terpisah Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, Hj. Elka Nurhakimah mengingatkan, kerap terjadinya bencana banjir lumpur di Kecamatan Tarogong Kaler tersebut akibat masih belum dibangunnya tanggul penampung dan penahan lahar dingin.


        Sedangkan tanggul yang selama ini tersedia, seluruhnya nyaris penuh dengan endapan pasir dari longsoran lereng gunung, sehingga sejak semalam ratusan warga yang rumahnya terendam banjir dan pasir berkondisi sangat memprihatinkan, mereka panik berlarian mencari lokasi pengungsian.

        Diperaparah kondisi ruas jalan desa yang melintasinya, tak bisa lagi dilewati beragam jenis kendaraan akibat amblas serta rusak berat, ungkap Elka Nurhakimah yang mengaku sejak tadi malam memasok bahan makanan dan pangan untuk pelaksanaan tanggap darurat.

        Namun tegasnya, penanggulangan bencana tersebut tak bisa sebatas memberikan bantuan tanggap darurat, jika Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) serta Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Ciptakarya (Pertacip) tidak pro aktip segera membangun tanggul baru penahan lahar dingin itu, katanya.

        Kepala Dinas SDAP Garut, Ir Widyana yang selama ini banyak berdomisili di Bandung sangat sulit dihubungi memalui telepon genggamnya, demikian pula Kepala Dinas Pertacip Ir Deni Suherlan meski berulangkali dihubungi namun telepon genggamnya tidak aktip.

        Sementara itu, warga korban bencana mendesak segera dipasok bantuan alat berat, menyusul cuaca mendung terus menghantui wilayahnya sejak Minggu dini hari, ungkap Kepala Desa Sukawangi dengan nada lantang. ****(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: JALAN DESA AMBLAS DAN 75 RUMAH TERENDAM Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top