728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    PUASA RAMADHAN MENANAMKAN AKHLAQ MULIA

    Garut News, ( Jum’at, 10/9 ).

         Fokus pandangan Allah SWT terhadap diwajibkannya ibadah saum (Puasa Ramadhan),  untuk menanamkan akhlaq mulia, karena akhlaq sebagai wajah bathiniah manusia, bisa indah dan juga bisa buruk.

         Sehingga Ramadhan, menanamkan akhlaq yang baik, yakni akhlaq yang mampu meletakan kejernihan fikir, angan-angan secara proforsional dalam jiwa manusia, serta mampu meletakan dan menggunakan secara adil dalam dirinya, ungkap KH. E. Zainal Muttaqien, Jum’at.

         Pimpinan Pondok Pesantren Cilawu tersebut, dalam khutbah “idul Fitri” di Masjid Agung Garut juga menyatakan, diperlukannya akhlaq yang komit atau tidak fluktuatif dan tidak berubah dalam kondisi bagaimanapun.

         Mantan guru besar Cairo University, Prof Dr Ahmad Salabi dalam bukunya “Masyarakat Islam” mengemukakan, prinsip sosial dalam Islam untuk membangun masyarakat yang berakhlaq mulia, yang sekaligus memberi gambaran potret kesalehan sosial seorang muslim.

         Tidak boleh memandang hina kepada orang lain, tidak boleh buruk sangka dan tidak boleh mengintai-intai kesalahan orang, Islam menyeru kepada persatuan, menyeru agar membayarkan amanat dan menepati janji.

         Melarang hasud (iri hati), melarang takabbur dan sombong, melarang mencari aib orang lain, menyuruh berlaku adil dan membenci penganiayaan, membenci kesaksian palsu, memperteguh tali silaturahim, dan menyeru kepada ilmu pengetahuan.

         Bahkan Islam mewasiatkan agar orang baik dengan tetangganya, juga menyerukan agar tolong-menolong serta mementingkan orang lain, demikian antara lain dikatakan KH. E. Zainal Muttaqien dalam khutbah yang mengusung tema, “urgensi keshalehan sosial”  

          Shalat Idul Fitri yang diikuti puluhan ribu warga Kota Garut itu, dengan Imam KH. Maman Mansyur, Pimpinan Pondok Pesantren Bayongbong.

         Sementara itu Bupati Aceng H.M Fikri antara lain mengajak perkokoh kesatuan dan persatuan, tingkatkan usaha maupun ikhtiar serta atas nama pribadi, keluarga serta pemerintah menyampaikan mohon maaf.

         Seusai shalat Idul Fitri, nyaris seputar Alun-Alun serta ruas jalan menjadi lautan kertas Koran yang berserakan dimana-mana, pada beberapa titik lokasi juga terdapat tumpukan sampah yang kerap berserakan. **** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PUASA RAMADHAN MENANAMKAN AKHLAQ MULIA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top