728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    BANTUAN TAHAP KEDUA KORBAN GEMPA GARUT BERNILAI Rp105,465 MILIAR

    Garut  News, ( Selasa, 30/11 ).
           Bantuan tahap kedua bagi korban gempa bumi 2009 berkekuatan 7,3 pada Skala Richter (SR) di kabupaten Garut, bernilai Rp105,465  miliar masing-masing diperuntukan rehab rekon 1.725 rumah rusak sedang serta 5.881 rumah rusak berat.
           Setiap rumah yang mengalami rusak sedang mendapat bantuan Rp10 juta, serta setiap rumah rusak berat bantuannya Rp15 juta, ungkap Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Drs Kostawan kepada Garut News, Selasa.

          Tersebar pada 41 kecamatan, karena di daerahnya hanya Kecamatan Selaawi yang tidak mengalami dampak guncangan gempa bumi tersebut, sedangkan realisasi bantuan dari BNPB tersebut, tergantung kesigapan fasilitator memenuhi persyaratan administrasinya.

          Sehingga BPBD Garut, menggelar rapat kerja fasilitator menyusul pihak BNPB telah mengingatkan, agar seluruh usulan harus diterima di Jakarta paling lambat 15 Desember mendatang, sebab memasuki Januari 2011 tidak bisa dijamin dapat direalisasikan.

          Maka BPBD Garut, berupaya membantu pihak fasilitator membenahi format usulannya, agar bantuan yang bersumber dari APBN itu, bisa segera direalisasikan, ungkap Kostawan.

           Sedangkan tahap ketiga, diperuntukan bagi 10.845 kerusakan sedang serta 834 rumah rusak berat, seluruhnya bernilai Rp120 miliar, namun untuk sementara masih belum dapat dipastikan kapan terealisasi, meski diharapkan pada 2011 mendatang, katanya.

          Sebelumnya juga antara lain, bersumber dari dana APBD Kabupaten Garut, telah direalisasikan bantuan Rp20,273 miliar bagi 20.273 rumah yang mengalami kerusakan ringan.

           Telah terealisasi pula bantuan yang bersumber dari APBD I Jabar sebesar Rp45 miliar serta APBN Rp28 miliar, bagi 5.420 rumah rusak sedang serta 897 rumah rusak berat, yang tersebar pada tujuh wilayah kecamatan, katanya. *** (John).
            
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BANTUAN TAHAP KEDUA KORBAN GEMPA GARUT BERNILAI Rp105,465 MILIAR Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top