728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    PVMBG INGATKAN STATUS WASPADA GUNUNGAPI PAPANDAYAN

    pvmbg Preentasikan Waspada Papandayan. (Foto : John Doddy Hidayat).
    Garut  News, ( Rabu, 3/11 ).

           Kepala Subid Pengamatan Gunungapi pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dr Ir Agus Budianto melalui Garut News, Rabu kembali mengingatkan tentang status waspada atau level dua, gunungapi Papandayan.
           Gunungapi tersebut, hingga kini masih berstatus Waspada, sejak 16 April 2008, sehingga pengunjung harus menjaga jarak minimal 1 km dari bibir kawah, selain temperaturnya 260-300 derajat Celsius, juga tidak mustahil terjadi longsoran.
           Bahkan juga tidak mustahil pada setiap lubang kawah, bisa mengeluarkan semburan gas beracun, menyusul selalu berfluktuatifnya kegempaan vulkanik maupun tektonik gunungapi tersebut, katanya.
           Sedangkan mengenai gunungapi Guntur, juga masih berstatus aktif, sepanjang masih mengalirkan air panas, mengenai aktivitas penambangan pasir di kaki gunungapi ini merupakan perbuatan manusia yang bisa berdampak pada manusia sendiri.
           Dia katakan, penambangan pasir tidak berdampak pada aktivitas vulkanik gunungapi, tetapi dapat menimbulkan bahaya longsor, yang juga merugikan manusia, imbuhnya.
           Pihak PVMBG telah memiliki peta bencana, jika terjadi letusan gunungapi, sehingga masyarakat tidak perlu panik melainkan tetap mewaspadainya, untuk bisa menghindar dari bahaya bencana tersebut, katanya. ***(John).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: PVMBG INGATKAN STATUS WASPADA GUNUNGAPI PAPANDAYAN Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top