728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    WABUP GARUT SERUKAN MASYARAKAT TIDAK PERLU PANIK


    Garut  News, ( Jumat, 19/11 ).
           Wakil Bupati Garut, Rd. Diky Candra melalui Garut News, Jumat menyerukan agar seluruh masyarakat di daerahnya tidak perlu panik, melainkan tetap mewaspadai setiap perkembangan cuaca, menyusul banyaknya lokasi yang berkondisi rawan bencana.
         Meski bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami, masih sulit diprediksi waktu terjadinya, sedangkan tanah longsor serta banjir lumpur bisa diantisipasi dengan tetap menjalin koordinasi dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), katanya.

          Namun juga diingatkan, nyaris pada semua daerah termasuk di Kota Metropolitan DKI Jakarta pun terdapat titik lokasi bencana, sehingga tergantung menyikapinya dengan pola hidup manusia termasuk para pemimpinnya.

         Di Kabupaten Garut, telah dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang akan segera diaktifkan, sehingga saat ini disusun format, sasaran serta perencanaan untuk menganggulangi setiap terjadinya bencana alam.

          Karena itu, masyarakat hendaknya tidak perlu panik dengan fenomena bencana, karena bisa datang setiap saat termasuk bencana mental dan moralitas, yang harus disikapi dengan perilaku arif, bijak serta kesalehan social.

          Menyikapi pernyataan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten setempat, Ir Sutarman, yang menyatakan Kabupaten Garut terancam rawan pangan, akibat terdapat banyak lokasi rawan bencana, Wakil Bupati mengemukakan mohon maaf kepada masyarakat.

          Karena semestinya, sebelum menyampaikan pernyataan yang bisa meresahkan masyarakat, hendaknya dilaporkan dahulu kepada unsur atasan, dan dikoordinasikan dengan dewan ketahanan pangan, tegasnya.

          Sehingga dewan ketahanan pangan, yang diketuai Bupati dapat mewujudkan kebijakan penting, terkait dengan ancaman rawan pangan, jika hal itu terjadi, tidak justru membesarkan masalah kecil, melainkan harus menyelesaikan masalah besar, ungkap Wakil Bupati.

          Ditemui terpisah Sekda Garut, Hilman Faridz, SE, M.Si mengemukakan telah mengusulkan pengadaan pendeteksi dini tsunami kepada pemerintah pusat, yang diharapkan bisa segera terwujud, karena banyak warga Garut bermukim sepanjang 82 km garis pantai. **** (John).   
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: WABUP GARUT SERUKAN MASYARAKAT TIDAK PERLU PANIK Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top