728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    WABUP APRESIASI KREATIVITAS MURID SMAN 1 GARUT

    Garut  News, ( Jumat, 28/1 ).
          Wakil Bupati Rd. Diky Candra menyatakan, sangat apresiasi terhadap kreativitas murid SMAN 1 Garut, yang selama ini kerap unggul dalam berbagai kejuaraan termasuk olimpiade "sains" maupun karya ilmiah populer lainnya.

          Bahkan pada 6 Januari mendatang, tiga siswi sekolah tersebut, mewakili Provinsi Jawa Barat, menembus tradisi tahunan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), mempresentasikan karya tulis :Pengembangan Potensi Seni Pertunjukan Dengan Metode "MAP".


           Karya tulis itu, dinilai mewakili potensi sembilan "Satuan Kawasan Wisata" (SKW) di kabupaten Garut, yang masing-masing memiliki "Obyek daerah Tujuan Wisata" (ODTW) termasuk sumber daya wisata budaya serta atraksi seninya, ungkap Diky Candra.


            Ketika menerima ketiga murid SMAN 1 Garut bersama guru pembimbingnya, Yulianti, S.Pd. dihadiri pula Drs. Engkim Sukiman, di galeri seni rumah dinas wakil bupati, Jumat malam juga dikemukakan secara detail mengenai rencana pembangunan "Art Centre Plus" (ACP) Garut.


           Sedangkan "Kampung Domba Garut" (KDG) di Kecamatan Cikajang akan segera diresmikan dalam waktu dekat ini, menyusul Domba Garut adalah Domba Indonesia dan Domba Indonesia adalah Domba Garut, sebagai spisies plasmanuftah terlangka satu-satunya di dunia, katanya.


           Diungkapkannya, kerap ditampilkan "Rineka Kesenian Sunda" (Rineka), merupakan paduan beragam seni tradisional yang dikemas semenarik mungkin, agar bisa digemari bahkan dimninati kaula muda sebagai generasi penerusnya.


            Pengembangan Potensi Seni Pertunjukan Dengan Metode "MAP" (Manajemen dan Seni Pertunjukan, Akademi Seni Pertunjukan Tradisional, Promosi) ini, disusun Rizqia Nafisa, Dea Rahadian Hidayati serta Sabila Nurbayani.


            Mereka mengusung kajian serius prosfektif ekonomi pada pengembangan potensi seni pertunjukan di Kabupaten Garut, yang sarat dengan nilai kearifan lokal masyarakat setempat, ujar Dea kepada Garut News.


           Menyusul dari sekurangnya 52 jenis seni budaya tradisional di Kabupaten Garut, kini hanya nyaris menyisakan sekitar 19 jenis sehingga diharapkan dapat kembali tumbuh dan berkembang, imbuhnya.


            Ketiga siswi SMAN 1 Garut, akan bersaing ketat dengan murid dari empat nominasi SMA lainnya di Indonesia, pada ajang tradisi tahunan FE UI yang juga antara lain disemarakan "Talk Show" bersama Menteri Luar Negeri RI. ***(John).         
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: WABUP APRESIASI KREATIVITAS MURID SMAN 1 GARUT Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top