728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    Pemuda Kanada Belajar Meniup Suling Di Garut


    Garut  News, (  Rabu, 16/3 ).

            Matt Mack Donald, pelajar SMA di Kanada menyatakan, selama tiga setengah bulan di Kabupaten Garut, Jawa Barat,  banyak memanfaatkan waktu luang untuk belajar seni Tradisional Sunda, termasuk meniup suling serta memainkan alat musik “kacapi”.

            Dia juga mengaku, menyenangi makanan apapun yang disajikan di Garut, namun tidak tahu namanya satu-persatu, katanya kepada Garut News, saat ditemui pada acara perpisahaan Program Pertukaran Pemuda Indonesia–Kanada (PPIK) di Gedung Pendopo Kabupaten, Rabu.

            “Saya suka Garut dan ingin lebih lama lagi tinggal disini,” ungkap Donal asal Nova Seotta Kanada Utara, ungkapan sama diutarakan pula oleh ketiga rekannya, Jordan, Andreanne serta Andrea secara terpisah kepada Garut News.

           Mereka bersama 16 warga senegaranya dan 20 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia, berbaur dengan warga Desa Cikandang Kecamatan Cikajang serta Desa Depok Kecamatan Cisompet, melaksanakan program PPIK 2010-2011.

            Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Drs Totong, M.Pd menyatakan, penyelenggaraan program tersebut antara lain untuk membangun jejaring kepedulian kalangan pemuda membangun masyarakat di pedesaan.

           Sehingga dalam pelaksanaan program yang kedua kalinya di Kabupaten Garut ini, diprioritaskan pada kegiatan bidang kesehatan, lingkungan hidup, seni budaya serta pariwisata, di pusatkan pada dua desa di dua kecamatan.

           Maka diharapkan dari kedua desa itu, bisa dijadikan pilot proyek bagi desa lainnya sekaligus memotivasi kalangan pemuda setempat guna berkreativitas serta membangun desanya masing-masing.

           Dia pun menyampaikan apresiasinya terhadap luncuran program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut, karena berkonsepsikan multy years dan dapat dijadikan sarana berguru bagi desa-desa lainnya, ujar Totong.

            Suvervisor pelaksanaan program ini, Edwar kepada Garut News antara mengatakan, kreativitas dan inovasi kalangan pemuda itu, dinilai banyak memberikan manfaat kepada warga desa, sekaligus mereka pun bisa banyak belajar tentang seni budaya tradisional setempat.

            Dia mengharapkan pula, agar instansi teknis terkait di Kabupaten Garut, dapat meningkatkan lagi dukungannya yang lebih maksimal terhadap hasil kerja pemuda, termasuk pada pelaksanaan program serupa yang akan datang, katanya.

           Sementara itu, Kanada dengan luas wilayah 9.976.139 km2 terletak di Amerika Utara, terdiri sepuluh provinsi serta dua wilayah, memiliki kota besar Montreal, Toronto, Vancouver, Ottawa, Winnipeg dan Edmonton.

             Hubungan Bilateral dengan Pemerintah RI : Tingkat Kedutaan Besar, Kanada anggota PBB, IGGI, Colombo Plan, NATO, OECD.

           Berakhir serta perpisahan dengan para pemuda asal Kanada tersebut, berlangsung di Gedung Pendopo Kabupaten, antara lain disemarakan beragam atraksi seni budaya yang menarik antar Indonesia - Kanada. ***(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pemuda Kanada Belajar Meniup Suling Di Garut Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top