728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    Sekurangnya 1.600 Warga Kaki Gunungapi Guntur Terancam Kelaparan

    Garut  News, ( Selasa, 22/3 ).

            Menyusul selama ini terpaksa menggeluti usaha penggalian pasir dan batu (sirtu) secara manual, akibat sulitnya mencari lapangan kerja serta membuka lahan usaha lain, termasuk akibat terusir berjualan makanan dari Alun Alun Bandung, ungkap Apid, Senin.

            Apid mewakili kalangan yang termarjinalkan itu, juga lantang mengemukakan “ada pencuri, ada juga penadah”, katanya dihadapan belasan anggota Polres Garut serta Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat, Ir Teguh.S.

            “Jika kami dituduh sebagai pencuri, maka penadahnya pun jajaran Pemkab Garut, yang selama ini banyak memanfaatkan pasir dan batu gunungapi Guntur untuk kegiatan pembangunan fisik,” katanya. 

            Sementara itu, kegiatan penambangan sirtu pada tanah milik masyarakat, telah diajukan proses perijinannnya pada Dinas Sumber daya Air dan Pertambangan (SDAP), tetapi selama ini pula cenderung dibiarkan tanpa diproses.

            Para penambang manual juga sejak beberapa tahun lalu, dijanjikan Pemkab Garut akan mengupayakan alih profesi dan komoditi usaha masyarakat, namun kenyataannya hanya kebohongan besar.

             Ditemui terpisah Ketua Komisi “D” DPRD Garut, dr H. Helmi Budiman, MM mengingatkan, desakan penambang manual untuk mendapatkan alih profesi dan alih komoditi, hendaknya harus segera direspon Pemkab Garut, tegasnya kepada Garut News.

             Karena merupakan tanggungjawab Pemkab untuk menyejahterakan masyarakatnya, antara lain memfasilitasi penambang manual bisa alih profesi dan alih komoditi, bahkan jika memungkinkan mendapatkan modal usaha, jika  menutup tuntas kegiatan penambangan pasir. 

             Sedangkan kebijakan lainnya merupakan ranah Pemkab Garut, terutama gencarnya desakan para penambang sirtu, terkait alih profesi serta alih komoditi, katanya. ***(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Sekurangnya 1.600 Warga Kaki Gunungapi Guntur Terancam Kelaparan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top