728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    CAPAIAN IPM GARUT MASIH SANGAT RENDAH

    Garut  News, ( Senin, 18/10 ).

           Wakil Bupati Garut, Rd. Diky Chandra mengakui, capaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) termasuk indek daya beli, indek kesehata, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) serta laju investasi di kabupaten nya, hingga saat ini masih sangat rendah.  

          Sehingga setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar seksama mempelajari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) berbasiskan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), tegasnya saat didesak pertanyaan Garut News, Senin.

          Dia mengingatkan, pelaksanaan RKPD merupakan instruksi bupati berthemakan pembangunan inprastruktur, yang jika tidak dilaksanakan maka dipastikan pada 2011 mendatang, tak akan ada apa-apa, katanya.

          Atau jika setiap SKPD, hanya bersitegang bisa membelanjakan anggarannya hanya berdasarkan keinginan dengan mengedepankan “ego sektoral”, atau bukan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang mendesak maupun berdasarkan skala prioritas.

          Didesak pertanyaan tentang kemungkinan masih banyaknya Kepala SKPD berkualitas SDM rendah, Wakil Bupati menegaskan, jika hal itu kenyataannya, “maka sayalah yang salah mendidik, sehingga mereka tidak perlu disalahkan”, ungkapnya.

         Sedangkan rencana pembangunan 2011, antara lain klaster Satu di Utara Garut, klaster dua pada sektor pariwisata  serta klaster tiga di wilayah Selatan Garut, dengan daerah yang harus dipacu masing-masing Kecamatan Peundeuy, Singajaya, Banjarwangi, Cisewu dan Talegong.

          Di wilayah Selatan Garut, juga akan dikembangkan peternakan sapi potong bekerjasama dengan PTPN di Kecamatan Cibalong, ujarnya.

          Sementara itu, IPM Garut 2009 berangka proyeksi 71,16 atau hanya meningkat dibawah satu digit dibandingkan pada akhir 2008 lalu (70,52), disusul indek daya beli 64,34 juga meningkat dibawah satu digit dibandingkan akhir tahun sebelumnya (63,54).

          Kemudian indek kesehatan 67,00 meningkat dibawah satu digit dibandingkan akhir 2008 (66,33), laju investasi 8,55 menurun dari 12,16 (2008) serta LPE bertengger pada 5,57 dari 4,69 pada akhir 2008 lalu.

          Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda setempat, H. Budiman, SE, M.Si saat ditemui terpisah mengingatkan, perlunya kalangan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) bersama stakehorder lainnya, menerjemahkan makna indikator makro tersebut.

          Kemudian berupaya menyikapinya, antara lain dengan beragam tereobosan inovasi, atas deviasi serta 11 sektor yang mempengaruhi kondisi LPE di daerah ini, katanya. *** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: CAPAIAN IPM GARUT MASIH SANGAT RENDAH Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top