728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    GARUT TERGENANG AKIBAT SEMALAMAN DIGUYUR HUJAN

    Garut News, ( Sabtu, 16/10 ).

          Nyaris seluruh ruas jalan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tergenang luapan air yang melimpah dari drainase kiri dan kanan lintasan jalan, akibat semalaman diguyur hujan cukup deras.

          Hingga menjelang Sabtu sore, masih terdapat genangan air dan kerikil pada badan Jl. Proklamasi, bahkan sebelumnya tumpahan air dari areal persawahan di Sadang Karangpawitan, Desa Jayaraga serta Jayawaras, juga memenuhi badan jalan.

          Tidak memadainya kondisi saluran air, yang diperparah terjadinya penyempitan dan pendangkalan akibat banyak sampah berserakan, sebagai penyebab air melimpah ke badan jalan serta pemukiman penduduk, ungkap warga Sadang termasuk Sutisna(34) kepada Garut News, Sabtu.

          Dia katakan, dipastikan di kawasan Garut selatan dan utara pun berkondisi sama, menyusul selama ini nyaris tidak terdapat kegiatan pembangunan fisik, termasuk rehabilitasi sarana-prasarana umum, katanya.

          Dia menilai, Bupati setempat Aceng H.N Fikri lebih banyak melaksanakan tugas serimonial dan protokoler, daripada melakukan pembangunan fisik yang bisa menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

          Sehingga jika selama sepekan, secara terus-menerus diguyur hujan deras, bisa mengakibatkan bencana alam yang lebih parah dan sangat memprihatinkan.

          Saat ini pun banyak terdapat ruas jalan kabupaten, jalan desa termasuk jalan provinsi Garut - Pameungpeuk, yang mengalami kerusakan, berlubang serta sarat genangan air, malahan pada beberapa lokasi ruas jalan wisata Cipanas dipastikan setiap diguyur hujan, menjadi tergenang.

           Demikian pula pada Jl. Pembangunan hingga terusan Jl. Pembangunan, termasuk di depan komplek perkantoran Dinas Pendidikan, serta kantor bupati selalu tergenang, kapan pun diguyur hujan.

          Kondisi drainase pada kiri dan kanan jalan, juga sarat tumpukan sampah plastik dan organik, demikian pula pada ruas Jl. Guntur diperparah bertebarannya kotoran kuda, yang juga terjadi di seputar ruas jalan yang mengelilingi lapangan Merdeka Keerkhoof.

          Sedangkan permasalahan lainnya, berupa sering terjadinya kemacetan arus lalu lintas di Jl. Pramuka dan Jl. Cimanuk, kondisi di pusat perkotaan pun sarat pedagang kaki lima (PKL), yang semakin sulit dikendalikan. *** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: GARUT TERGENANG AKIBAT SEMALAMAN DIGUYUR HUJAN Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top