728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    Pada 2025 Mendatang Kabupaten Garut Perlukan 11 Rumkit


    Garut  News, ( Rabu, 9/2 ).
             Pada 2025 mendatang Kabupaten Garut, Jawa Barat, memerlukan sekurangnya 11 rumah sakit (Rumkit), guna memenuhi rasio fasilitas kesehatan masyarakat dengan perkembangan jumlah penduduk.

           Menyusul pada akhir 2010 lalu, telah dihuni 2.417.404 penduduk yang semestinya terdapat lima Rumkit, namun kenyataannya hanya memiliki dua Rumkit, ungkap Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda, H. Budiman, SE, M.Si kepada Garut News, Rabu.

           Kondisi rasio yang timpang tersebut, mengisyaratkan ketersediaan kecukupan sarana kesehatan masyarakat tidak memadai, berakibat kemungkinan banyak pasien tidak terlayani, padahal kualitas derajat kesehatan masyarakat berkontribusi pada peningkatan IPM, katanya.

           Sementara itu laju pertumbuhan penduduk 1,53 persen setiap tahunnya, dengan sebaran pada 42 wilayah kecamatan yang radius jangkauannya sebagian besar sangat jauh, diperparah kondisi ruas jalan sarana angkutan juga belum memadai.

          Antara lain menyebabkan indek kesehatan di Kabupaten Garut sangat rendah atau hanya 67,35 atau meningkat 0,35 dibandingkan 2009 lalu.

          Karena itu, dia sangat apresiasi terhadap Yayasan Al–Musadaddiyah, akan segera mewujudkan pembangunan  rumah sakit berkonstruksi lima lantai, dengan menelan dana sekitar Rp340 miliar.

           Pembangunan Rumkit tersebut, rencananya terobsesi cukup lama menyusul masih rendahnya indek kesehatan di Kabupaten Garut, hingga sekarang masih memiliki dua Rumkit, sedangkan di Tangerang terdapat 29 Rumkit bahkan di Tasikmalaya pun terdapat empat Rumkit.

            Ketua Yayasan Al-Musadaddiyah  Garut, KH. Cecep Abdul Halim, Lc mengemukakan kondisi  memprihatinkan tersebut mendorong pihaknya menggandeng kalangan investor mewujudkan Rumkit untuk menjaring konsumen, yang selama ini berobat ke Bandung atau ke luar daerah lainnya.

            Sekaligus dapat tetap melaksanakan fungsi sosialnya, memberikan jasa layanan kesehatan kepada masyarakat berkondisi sosial ekonomi lemah, katanya.

           Maka  proses perijinannya dibahas bersama berbagai institusi teknis terkait dihadiri pula Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda setempat, H. Budiman, SE, M.Si, ungkap Cecep Abdul Halim. ***(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pada 2025 Mendatang Kabupaten Garut Perlukan 11 Rumkit Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top