728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    MESKI TELAN DUA KORBAN JIWA, PENAMBANGAN MASIH BERLANGSUNG

    Lokasi Penambangan Cihidueng Garut, Menelan Dua Korban Jiwa. (Foto : Ridwan Mustafa/ Naskah John Doddy Hidayat).
    Garut  News, ( Rabu, 29/9 ).

          Aktivitas penambangan emas, yang selama ini dilakukan secara tradisional di Cihidueng Desa Cipangramatan Kecamatan Cikajang, masih terus berlangsung meski telah menelan dua korban jiwa di kedalaman sekitar 30 meter.

         Camat Cikajang, Undang Syarifudin kepada Garut News, Rabu mengemukakan kedua korban tewas itu, selama ini bukan sebagai penambang melainkan warga Kampung Badega atas nama Aa Rohana(38), serta Ajang(30) warga Kampung Potongan, katanya.

         Mereka tewas mengenaskan di dalam lubang penambangan Blok Sakura, yang menurut Camat Undang Syarifudin merupakan lubang yang telah lama tidak dipakai lagi, sehingga diperkirakan menghirup gas asam.

          Sebelumnya, kedua korban mencari emas bersama tiga rekan lainnya, masing-masing  Dadang, Atep dan Amang. Kedua korban baru diketahui tewas pada Selasa (28/9) oleh ketiga rekan lainnya, akibat sangat lama tidak naik ke atas permukaan tanah.

          Menyusul seorang rekan lainnya sempat masuk  lubang, namun bisa langsung merasakan bau gas asam kemudian minta segera tali yang diikatkannya ditarik kembali oleh kedua rekannya di atas,  sehingga bisa diselamatkan, sedangkan Aa Rohana dan Ajang hingga dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia.

          Masih menurut Camat, selama ini terdapat tiga perorangan serta tiga kelompok, yang mengajukan perijinan penambangan kepada Pemkab Garut, namun Dinas Sumber Daya Alam dan Pertambangan (SDAP) setempat, belum memberikan WPR (Wilayah Pertambangan Rakyat).   

          Bahkan katanya, pada April 2010 pihak SDAP memberikan peringatan kepada kalangan penambang, sedangkan unsur Muspika Kecamatan hanya berkewajiban dalam pengamanan wilayah atau bukan lokasi penambangan sebelum adanya WPR, kata Camat.

          Namun Camat tidak menjelakan, lokasi penambangan tersebut juga merupakan wilayah Kecamatan Cikajang, bahkan belum diperoleh informasi tentang sejauh mana Dinas SDAP berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menertibkan aktivitas penambangan.

         Sejauh ini pula, masih belum diperoleh kejelasan mengenai penerapan Undang-Undang Pertambangan serta Peraturan Pemerintahnya.

       Sementara itu, Kapolres Garut AKBP Yayat Ruhiyat mengatakan, pihaknya melakukan penyidikan atas tewasnya dua warga Cikajang di lokasi penambangan tersebut, dan akan melakukan kajian keabsahan lokasi galian emas ini, katanya kepada Pers.

           Dihubungi terpisah Kepala Dinsosnakertrans Garut, Hj. Elka Nurhakimah, M.Si menyatakan, jika terdapat permohonan dari pihak keluarga korban, pihaknya bisa mengupayakan sumbangsih bantuan sosial berdasarkan kemampuan yang ada.  ***(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: MESKI TELAN DUA KORBAN JIWA, PENAMBANGAN MASIH BERLANGSUNG Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top