728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    WABUP INGATKAN, DOMBA GARUT “PLASMANUFTAH” TERLANGKA DI DUNIA

    Siap Bertarung, Wabup saat Memulai Adu Ketangkasan Domba (Foto : Fendi Pamela)
    Garut  News, ( Jumat, 24/9 ).

         Wakil Bupati Garut, Rd Diky Chandra mengingatkan, potensi Domba Garut (Aries Ovis), merupakan plasmanuftah maupun spisies terlangka di dunia, karena hanya terdapat di Kabupaten Garut.

         Sehingga upaya pembudidayaan serta penangkaran bibit unggulnya, selama ini dinilai paling ideal dilaksanakan di daerah asalnya yakni Garut, bahkan mutlak memiliki hak paten agar tidak diakui bangsa lain, tegasnya kepada Garut News, Jumat.

         Penegasan tersebut, mengemuka menyusul disampaikannya nota permohonan persetujuan kepada DPRD setempat, tentang hibah tanah seluas 26 hektare di Kawasan Margawati dan Sukanegla kepada Pemprov Jabar, untuk tetap dikelola UPTD Peternakan Provinsi Jawa Barat.

         Atas hibah tersebut, Pemkab Garut juga mengharapkan bantuan Pemprov Jawa Barat dalam proses pengadaan kekurangan tanah sekitar empat hectare, untuk sarana GOR, katanya.

         Menurut Wabup Diky Chandra, jika tanah itu tidak bisa dihibahkan maka dipastikan upaya pembudidayaan maupun penangkaran Domba Garut, akan dipindahkan lokasinya oleh Pemprov Jabar  ke luar kabupaten, dan itu merupakan kerugian besar bagi Garut, imbuhnya.

         Sebelumnya Kalangan Legislatif di Kabupaten Garut, sempat menolak keras Pemkab setempat memperjual-belikan aset milik daerah, berupa tanah seluas 26 hektare di kawasan Margawati, kepada Pemerintah Provinsi Jabar.
          Ketua Komisi A DPRD membidangi Pemerintahan, Nono Kusyana mengingatkan, Selasa, sama sekali tidak terdapat istilah jual-beli antara Pemkab Garut dengan Pemprov Jabar.     

         Karena berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tidak mengharuskan peristiwa seperti itu, sehingga perlu ditempuh mekanisme yang sah berdasarkan hukum, katanya.     

         Bahkan jika memungkinkan pun, diperlukan pula mekanisme secara lelang atau jika perlu dihibahkan, imbuh Nono Kusyana.     

         Namun dia juga menegaskan, daripada aset berupa tanah tersebut diperjual belikan, lebih baik dikelola sendiri oleh Pemkab Garut atau dimanfaatkan untuk fasilitas lain, yang bernilai ekonomi maupun yang manfaatnya besar bagi masyarakat umum.     

         Diantaranya untuk gelanggang olahraga, lokasi wisata dan lain sebagainya, meski selama ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, untuk pembudidayaan potensi unggulan ”Domba Garut”.      

         Sebelumnya pula proses pengalihan aset daerah itu, pernah dijadikan salah satu nota pengantar Bupati Aceng H.M Fikri pada beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Garut, yang selama ini dibahas kalangan legislatif setempat.**** (John)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: WABUP INGATKAN, DOMBA GARUT “PLASMANUFTAH” TERLANGKA DI DUNIA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top