728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    WARGA GARUT BERPELUANG KERJA DI KOREA


    Garut  News, ( Minggu, 26/9 ).

         Warga Kabupaten Garut, Jawa Barat, berpeluang bisa bekerja di Korea diantaranya tamatan SLTA, dengan syarat antara lain dapat berbahasa Korea dengan fasih, sedangkan gaji setiap bulannya rata-rata Rp7 juta.

        Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja pada Dinsosnakertrans Garut, Yayat Hidayat, SH kepada Garut News, Minggu mengemukakan hal itu seusai melepas 12 warga asal Garut Selatan, yang akan mengikuti Pelatihan Bahasa serta Budaya Korea selama dua bulan di Cirebon.

         Saat ini sekurangnya terdapat 35 warga Garut, yang mengikuti pelatihan tersebut, kemudian Desember mendatang mereka menjalani ujian lisan serta tertulis, yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Negeri, seperti di Universitas Indonesia atau UNPAD Bandung, katanya.

         Sedangkan proses pembelajaran termasuk mengikuti seleksi hingga mendapatkan certivikat, calon tenaga kerja dipungut biaya Rp4 juta, termasuk biaya makan serta menginap selama mengikuti pelatihan.

         Mereka akan menempati pekerjaan pada sektor perikanan, pabrikan, manufacturing serta pada sektor pertanian, yang tahun ini secara nasional mendapat kuota bagi sekitar sembilan ribu tenaga kerja asal Indonesia, seribu TKI diantaranya kuota bagi Provinsi Jawa Barat.  

          Sehingga selama ini, Indonesia menjadi pemasok tenaga kerja terbesar ke Korea, dan hingga sekarang terdapat sekitar 30.000 tenaga kerja Indonesia yang bekerja di negara tersebut.

         Sebagaimana diungkapkan Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Dr Haposan Saragih, seusai memberikan pengarahan pada  persiapan tes bahasa Korea untuk para tenaga kerja yang akan dikirim ke negara tersebut, di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Sabtu lalu.

          Pada 2010, Korea memberikan kuota tenaga kerja kepada Indonesia sebanyak 9.000 orang, katanya. *** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: WARGA GARUT BERPELUANG KERJA DI KOREA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top