728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    SMPN GARUT JALIN KERJASAMA DENGAN SMP TURKI

    Garut News, (20/6).

          SMPN 1 Garut, selama ini menjalin kerjasama dengan SMP Turki, antara lain akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan program pertukaran pelajar SMP antar kedua negara.

         Termasuk saling menukar informasi proses pembelajaran dan penerapan bentuk kurikulumnya, ungkap Kepala SMPN 1 Garut, Dadi Juhaendi, M.Pd kepada Garut News disela penyelenggaraan ”Paturay Tineung” (pelepasan) kelas sembilan di gedung Bale Paminton Inten Dewata, Minggu.

         Selain jalinan kerjasama melalui penandatanganan ”MoU” di Turki, juga diraihnya kejuaraan ”ice skateng” internasional oleh siswa Nuranisa Usman di Korea, telah dipenuhinya syarat peningkatan status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)  SMPN 1 Garut menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), katanya.

         Pada perhelatan tersebut, dikemukakan pula duta sekolah terbanyak dalam berbagai kegiatan diraih Muhammad Gama Subarkah, perolehan nilai raport (LHBS) tertinggi dengan jumlah nilai 1.103 diraih Rafina Oktaviani.

           Disusul Helida Zahra sebagai pembaca buku perpustakaan terbanyak, serta Felliyan Wildantia sebagai peraih Nilai Ebtanas Murni (NEM) tertinggi atau 38,40.

          Dari 412 lulusan tahun ini, 359 diantaranya telah diterima pada jenjang SLTA berstatus RSBI termasuk di SMAN V Bandung, sedangkan 53 lulusan lainnya tengah diupayakan bisa tertampung pada pendaftaran tahap berikutnya.

         SMPN 1 Garut, juga berhasil menduduki peringkat kedua se Provinsi Jawa Barat, setelah SMPN V Bandung, ungkap Dadi Juhaendi, menambahkan.

         Wakil Bupati Garut, Rd. Diky Candra antara lain mengingatkan, agar orang tua siswa dan masyarakat semakin meningkatkan pengawasannya, terhadap kelanjutan belajar serta peningkatan jenjang pendidikan anak.

          Sementara itu, Turki seluas 780.576 km2 dengan bahasa resmi Turki, sedangkan bahasa lainnya Kurdi dan Arab, mayoritas beragama Islam, berlagu kebangsaan ”Marcf of Independence”, memiliki suku bangsa umumnya Turki, sisanya Kurdi, Yunani, Armenia dan Yahudi.

         Negara bermata uang Lira itu, terletak di Asia Kecil dan di sebelah tenggara Eropa, sebelah utara berbatasan dengan Laut Hitam, timur laut dengan Uni Soviet, timur dengan Iran dan selatan dengan Irak-Syria dan Laut Tengah, kemudian di barat dengan Laut Aegesa-Yunani dan Bulgaria.

         Republik beribukota Ankara tersebut, keadaaan alamnya Turki-Eropa (Terasia Timur) dipisahkan dari Anatolia dan oleh Selat Dardanela, laut Marmara dan selat Bosporus terdiri atas daerah pertanian.

         Disusul Turki Asia memiliki jalur-jalur pantai yang subur, dan daerah bagian tengah terdiri dataran tinggi, Anatolia yang kurang subur dikelilingi bukit-bukit dan pegunungan.*** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: SMPN GARUT JALIN KERJASAMA DENGAN SMP TURKI Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top