728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    JALUR LINGKAR NAGREG MULAI BERLUBANG DAN TERKELUPAS

    Pada Jalur Alternatif Cijapati Pun Warga Menyediakan Jasa Ganjal Ban. ( Foto : Ist ).
    Garut News, ( Sabtu, 11/9 ).

         Jalur Lingkar Nagreg sepanjang 5,3 km, meski baru dimanfaatkan pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1431 H, namun kini kondisinya mulai terdapat lokasi yang berlubang bahkan pada beberapa lokasinya pula, aspalnya terkelupas.

         Malahan pula ruas jalan yang dilintasi dari Garut tujuan Bandung tersebut, di beberapa lokasi tanjakan, nyaris sepanjang Sabtu terjadi kemacetan total sehingga speda motor pun sangat sulit melintasinya, demikian pemantauan langsung Garut News di lapangan.

         Sepanjang jalur lingkar itu, juga mulai terdapat warung yang menjual makanan dan minuman ringan, memperparah kemacetan akibat cukup banyaknya speda motor dan mobil yang berhenti atau diparkir.

         Selain itu masih minim rambu lalu lintas termasuk marka jalan, sepanjang jalan hanya terdapat papan peringatan, diperparah sarana penerangan jalan yang tidak memadai.

         Pada jalur lingkar tersebut, terdapat lintasan jembatan kereta api, yang dibangun sejak ratusan tahun lalu, atau pada jaman kolonial Belanda namun kondisinya masih berdiri kokoh, karena mungkin meski jaman penjajahan, tetapi belum merajalela korupsi seperti sekarang.

         Lalu lintas arus mudik mengalami kemacetan menyebabkan laju kendaraan merayap, mulai sebelum lintasan kereta di Kampung Nagrog dari arah Bandung hingga Bundaran Tarogong Garut, sejauh puluhan kilometer.

         Kemacetan terparah terjadi di Nagreg, kendati satu arah dari Bandung, kemudian pada jalur lingkar menuju Garut, lokasi Lebak Jero, Kiara Dodot, Kadungora, Leles, Leuweung Tiis hingga Tanjung menjelang pertigaan ke arah Cipanas.     

         Pembangunan jalur lingkar Nagreg, masih belum maksimal memberi manfaat mengurai kemacetan lalu lintas, akibat sangat banyaknya yang menggunakan mobil pribadi dan speda motor, sebagai akibat pula tidak nyamannya menaiki kendaraan penumpang umum.

         Menaiki kendaraan penumpang umum, terutama kelas ekonomi, baik bis maupun mikrobis Elf, kondisi penumpang menjadi sangat tersiksa, selain jumlah penumpang melebihi kapasitas juga posisi tempat duduk yang kerap menjepit kaki penumpang.

        Demikian pula di dalam bis penumpang umum kelas ekonomi, diperparah para pendagang asongan yang terus menerus hilir mudik dan berteriak setengah memaksa menawarkan komoditinya.

        Kemacetan arus lalu lintas, juga menuai rejeki bagi pedagang asongan serta jasa ganjal ban, demikian Garut News melaporkan langsung dari lapangan. ***(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: JALUR LINGKAR NAGREG MULAI BERLUBANG DAN TERKELUPAS Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top