728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    BAGENDIT MILIKI GUDANG SENJATA PENINGGALAN PERANG DUNIA PERTAMA

    Situ Bagendit Miliki Gudang Senjata Dan Amunisi Peninggalan Perang Dunia Pertama. (Foto : Fendi Pamela).
    Garut News, (3/8).

         Pada obyek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki gudang senjata dan gudang amunisi peninggalan perang dunia pertama, yang kini merupakan benda sejarah bernilai sangat tinggi.

         Kedua gudang tersebut, masing-masing berukuran 9 m2 serta 4 m2, yang terletak bersebelahan, dengan tembok permanen berpintu besi baja antara lain pernah dimanfaatkan Komandan Perang Belanda, Tn. Bochles pada 1919.

          Demikian diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disbudpar Kecamatan Banyuresmi, Aan Heryana kepada Garut News, Selasa.

         Dia mengatakan, pada 2009 kedua peninggalan bersejarah tersebut mulai dibersihkan dan dipelihara dengan kondisi anggaran yang terbatas, padahal bisa dikemas menjadi salah-satu situs peninggalan dunia, jika sekitarnya dijadikan lokasi monumental lengkap dengan miniatur taman.

         Termasuk pagar serta tempat duduk istirahat bagi para pengunjung, dengan dana yang hanya berkisar Rp5 juta hingga Rp10 juta, katanya.

         Sehingga diharapkan bisa mendapatkan kepedulian dari parea dermawan termasuk Pemkab Garut, untuk memenuhi kebutuhan biaya penataannya agar monumen peninggalan perang dunia pertama tersebut, menjadi daya tarik wisatawan.

         Harapan senada juga mengemuka dari penduduk setempat, Ohim(92) mantan atau pensiunan ABRI, yang sangat memahami keberadaan gudang senjata serta gudang amunisi itu.

         Situ Bagendit, juga kerap dijadikan lokasi istirahat Komandan APRA, Westerling yang kerap datang dan pergi dengan menaiki pesawat amfibi sejenis pesawat Cesna, katanya. ****(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BAGENDIT MILIKI GUDANG SENJATA PENINGGALAN PERANG DUNIA PERTAMA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top