728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    “LEUWEUNG SANCANG” MEMUNGKINKAN DIUSULKAN MENJADI SITUS WARISAN DUNIA

    Prahara Dan Bencana Alam Selama Ini, Akibat Kerusakan Kawasan Konservasi. (Foto : PVMBG).
    Garut  News, (26/8).

         Leuweung (hutan) Sancang di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, Jawa Barat, dinilai memungkinkan jika diusulkan menjadi “situs warisan dunia”, karena memiliki keanekaragaman hayati, yang merupakan plasmanuftah langka.

         Tetapi masih perlu dilakukan rehabilitasi ekologisnya, akibat kegiatan perambahan hutan selama ini, ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Garut, Ir H. Eddy Muharam, M.Si kepada Garut News, Kamis.

         Dia mengingatkan, proses rehabilitasi secara alami dipastikan tidak menelan dana sepersen pun meski memerlukan waktu lama, justru besarnya biaya yang diperlukan untuk memenuhi akomodasi kegiatan penjagaan serta pengawasannya.

         Saat ini, katanya dilaksanakan kegiatan pengukuran tata batas oleh Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Kementerian Kehutanan, menyusul yang terdapat selama ini hanya pemancangan tata batas sementara, katanya.

         Untuk membatasi cagar alam Sancang seluas 2.157,58 hektare serta cagar alam lautnya seluas 1.150 hektare, yang berbatasan dengan kawasan Perkebunan Karet di Mira Mare sekitar 4.000 hektare, serta dengan tanah milik masyarakat, sekurangnya terdapat tapal batas sejauh 40 km.  

         Ditemui terpisah Kasie BKSDA setempat, Ir Teguh Setiawan kepada Garut News mengemukakan, peran serta masyarakat dalam konservasi alam jika mereka telah merasakan manfaatnya.

         Karena manfaat konservasi juga bisa dirasakan pada 15-20 tahun mendatang, demikian pula bencana alam tanah longsor dan banjir lumpur saat ini, sebagai akibat rusaknya kawasan konservasi sejak belasan hingga puluhan tahun lalu, ungkapnya.

         Kegiatan konservasi kerap dihadapkan pula pada tawaran sangat menggiurkan, antara lain berupa pembukaan lahan untuk perkebunan maupun areal sayuran, katanya.

         Sedangkan kemungkinan Sancang bisa diusulkan sebagai situs warisan dunia, merupakan kewenangan pusat, dengan sejumlah kriteria yang belum sepenuhnya kita pahami bersama, populasi bantengnya pun yang tersisa masih misteri, ungkap Teguh Setiawan, ***(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: “LEUWEUNG SANCANG” MEMUNGKINKAN DIUSULKAN MENJADI SITUS WARISAN DUNIA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top