728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    DISDUKCAPIL GARUT SOSIALISASIKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

    Garut News, (15/6).     

         Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Garut, H. Sujana Safei, SH, M.Si menyatakan, Selasa, lembaganya kini masih gencar menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan.
        

         Dia mengingatkan, administrasi kependudukan tersebut, terdiri kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP) serta akta-akta catatan sipil, meliputi akta kelahiran, kematian, perkawinan non Muslim, perceraian, pengangkatan status anak, perubahan nama serta akta pengesahan status anak, katanya.
        

         Masih menurut Sujana Safei, jumlah penduduk dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, pindah serta datang (Lampit), sehingga mutlak diperlukannya Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD).
        

         Karena itu, jajarannya bersama institusi aparat penegak hukum saat ini pun melaksanakan operasi ”yustisi”, yang sasarannya antara lain penduduk yang belum memiliki KTP.
         
         Bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran memiliki KK, KTP serta lengkapnya administrasi kependudukan, sesuai Undang-Undang Nomor 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan serta Peraturan Pemerintah Tahun 2005, juga Peraturan Daerah (Perda) Nomor. 14/2009 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
        

         Sementara itu,
    target pendapatan asli daerah (PAD) 2010 dari institusi ini Rp4,2 miliar, masing-masing dialokasikan dari akta-akta catatan sipil Rp294,245 juta, retribusi kartu keluarga (KK) Rp765 juta serta dari retribusi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Rp3,172 miliar lebih.

        Optimis tercapai karena memiliki potensi efektif, bahkan hingga triwulan pertama tahun ini telah terealisasi 23 persen, dengan memanfaatkan empat unit kendaraan inventaris dinas, yang sekaligus difungsikan sebagai mobil unit operasional ke lapangan.

        Disdukcapil kabupaten Garut, dikelola 77 pegawai terdiri 61 berstatus PNS, 14 tenaga kerja kontrak (TKK) serta seorang tenaga kerja sukarelawan (TKS).

        Meski proses pengurusan KTP dan KK berlangsung pada setiap kecamatan, namun masing-masing kecamatan telah ditargetkan perolehannya untuk di distribusikan ke PAD, ungkap Sujana Safei.
    ****(John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: DISDUKCAPIL GARUT SOSIALISASIKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top