728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    KETUA PARFI GARUT BERHASIL REDAM EMOSIONAL SENIMAN SAMARANG



    Ketua Parfi Garut, yang Juga Istrti Wakil Bupati, Ny. Rani Permata Diky Chandra Berhasil Meredam Emosional Kalangan Seniman Di Kecamatan Samarang. (Foto : Ahmad Jabaludin).
    Garut News, (28/7).

         Ketua Persatuan Artis Film Koordinator Daerah (Parfi Korda) Kabupaten Garut, Ny. Rani Permata Diky Chandra, berhasil meredam emosional kalangan seniman di Desa Cinta Karya Kecamatan Samarang, Rabu.

         Menyusul sebelumnya seniman dan pemuka masyarakat setempat, sempat marah besar dengan temperamental, karena merasa terhina atau dilecehkan pada perhelatan “Gebyar Desaku Sehat”, yang digelar antara lain atas kebersamaan PKBI dan Pertamina PLTP Kamojang.

         Pemuka seni tradisional warga Cinta Karya, Baban Rantas juga tokoh atraksi seni tradisional lainnya, Ata Sukanta, Ucu Jarkasu serta H. Eye Sutikno dengan nada kesal dan geram, mengaku kecewa atas susunan acara yang dikemas pihak protokoler Setda Garut.

         Sehingga jerih payah selama 40 hari berlatih atraksi seni tradisional tidak dihargai, sebab ternyata tak bisa ditampilkan diatas panggung, yang semula untuk menghormati kehadiran Bupati Aceng H.M Fikri beserta istrinya.

         Bahkan peralatan gamelan diatas panggung pun digusur harus diturunkan kembali, dengan alasan Bupati akan segera meninggalkan lokasi untuk menghadiri acara lainnya di gedung KPN Sasakadana.

         Mereka mengemukakan, jika sebelumnya dilakukan koordinasi dipastikan masyarakat tidak akan kecewa dan dengan tak terkontrol mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh, namun agenda acara dirubah secara tiba-tiba.

         Rombongan Bupati juga tiba sangat terlambat sehingga dinilai tidak disiplin waktu, padahal sejak dini hari masyarakat setempat telah berada di lokasi acara dengan persiapannya masing-masing, katanya.

         Ny. Rani dengan tenang dan ramah menyatakan permohonan maaf dan mengatakan, kesalahan ada di tingkat kabupaten, sehingga kepada seluruh petinggi Garut diserukan agar peristiwa serupa tak terulang kembali.

          Masyarakat juga mengingatkan, agar para penguasa di tingkat kabupaten tidak arogan, dan sangat protokoler tetapi kualitas disiplin waktunya “bobrok”, sebagaimana diungkapkan Ny. Mamah Cempaka kepada Garut News.

         Sebelumnya saat mengawali sambutannya, Bupati Aceng H.M Fikri minta maaf tak sempatnya ditampilkan atraksi seni, karena dia akan menghadiri acara lainnya, maka silahkan tampilkan seusai acara resmi, sebab masih banyak yang dapat menyaksikannya.

         Sementara itu kalangan seniman tetap menolak untuk menampilkan atraksi seninya, antara lain berupa reog dan celempungan, sedangkan warga lainnya menilai perhelatan tersebut diwarnai nyaris seperti lomba pidato.

         Terbukti Ketua Persatuan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Garut, Drs Uus Kudus saat menyampaikan laporan, selain menyita waktu lama juga seperti sedang lomba pidato, katanya.

    “ 30  Anak  Ngelem “

         Pada perhelatan tersebut, Bupati Aceng H.M Fikri antara lain menyatakan, sekurangnya telah terjaring 30 anak seusia Sekolah Dasar (SD) di Kota Garut yang kecanduan “ngelem”, sementara jumlah penduduk kabupaten telah mencapai 2,7 juta jiwa.

         Sehingga selama tiga tahun terakhir terjadi lonjakan penambahan penduduk sebanyak 300 ribu, yang harus dikendalikan agar tidak hanya bangga dengan kuantitas melainkan juga setiap penduduk harus memiliki kualitas, katanya.
    'Kaulinan Urang lembur' Warnai Hari Anak Nasional 2010 Di Alun-Alun Garut. (Foto : Ahmad Jabaludin).

         Bupati mengajak ikut program keluarga berencana, dan Asgar Jarambah seperti halnya di Negara Cina meski penduduknya diatas satu miliar jiwa, namun pertumbuhan ekonominya telah mencapai diatas 13 persen, mereka melakukan “diaspora” atau merantau ke berbagai negara lain di dunia.  *** (John).
    Atraksi 'Kaulinan Urang Lembur' Pada Puncak Hari Anak Nasional (HAN) di Alun-Alun Garut, Senin (26/7). (Foto : Farhan Aulia).         

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KETUA PARFI GARUT BERHASIL REDAM EMOSIONAL SENIMAN SAMARANG Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top