728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    RATUSAN PENDEMO HUJAT CHEVRON, INDONESIA POWER DAN PERTAMINA

    Sekda Garut Ditengah Ratusan Pendemo Yang Menghujat Dan Menuduh PT. Chevron Sebagai Yahudi. (Foto : Ahendy).

    Sekurangnya 500 Warga Pasirwangi Demo PT. Chevron, Indonesia Power dan Pertamina. (Foto: Nova Nugraha Putra)
    Garut News, (19/7).
         Sekurangnya 500 pendemo dari Paguyuban Masyarakat Pasirwangi Bersatu (PMPB), termasuk 12 Kepala Desa di Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, Jawa Barat, menghujat dan mengecam keras PT. Chevron, Indonesia Power serta PT. Pertamina.
         Mereka menilai adanya kejanggalan yang dilakukan ketiga perusahaan tersebut, atau tak sesuai dengan yang diamanatkan UU No.40/2007 dan UU No. 27/2003, tegas Koordinator Lapangan (Korlap) PMPB, Asep Tajiri di depan pintu gerbang DPRD setempat, Senin.

         Sehingga menuntut transfaransi dan kejelasan royalty (bagi hasil), 90 persen tenaga kerja diprioritaskan putra daerah, realisasikan dana CSR/ Community Development (CD) untuk rakyat, juga mendesak Pemkab Garut mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda).

         Khusus tentang kecamatan penghasil, dengan presentase 12 persen untuk daerah (kecamatan) dari dana perimbangan yang diperoleh Pemkab Garut, ketiga perusahaan tersebut juga dituntut menggunakan pola manajemen professional, proporsional dan efektif serta pro rakyat, katanya.

         Demo yang berlangsung bersamaan dengan rapat paripurna pembahasan LPP tahun anggaran 2009 itu, telah diserap seluruh aspirasinya kemudian ditampung untuk ditindaklanjuti guna mencari solusi terbaik, ungkap Sekda Garut, H. Hilman Faridz, SE, M.Si.

         Kapolres Garut AKBP Amur Chandra juga mengemukakan siap mengawal aksi sepanjang berjalan dengan tertib, beretika serta tidak anarkis.

         Namun pendemo langsung kembali membubarkan diri, menyatakan ke tidak puasan mereka meski kalangan legislatif setempat telah mendatanginya di luar pintu gerbang DPRD.

         Dari ratusan pendemo banyak melontarkan hujatan serta ungkapan kasar, termasuk menagih janji perjuangan aspirasi rakyat yang pekan lalu disampaikan anggota DPRD, Dewi.
           Kabag Humas PT. Chevron, Puspo Utomo saat didesak pertanyaan Garut News berjanji akan meningkatkan kualitas komunikasi dengan lingkungan di sekitarnya, sedangkan mengenai aksi demo akan ditindaklanjuti dengan pertemuan refresentatif pada Jumat mendatang.


          Antara lain melibatkan unsur dari Pertamina, yang selama ini lebih mengetahui angka riel alokasi 34 persen untuk bagi hasil panasbumi, yang selama tiga tahun terakhir nilainya mencapai Rp56 miliar/ tahun, serta CSR setiap tahunnya Rp4 miliar, katanya. ***  *** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: RATUSAN PENDEMO HUJAT CHEVRON, INDONESIA POWER DAN PERTAMINA Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top