728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    BUPATI : GARUT MILIKI KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN KOMPETITIF

    Kasi Pengelolaan Pertambangan Dinas Sumber Daya Air Dan Pertambangan (SDAP) Garut, Asep Dimyati. (Foto : John Doddy Hidayat).
    Garut News, (10/8).

         Bupati Aceng H.M Fikri menyatakan, Selasa Kabupaten  Garut memiliki keunggulan potensi Sumber Daya Alam (SDA), yang komparatif dan kompetitif dibandingkan dengan setiap kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jawa Barat.

         Panjang pantainya pun mencapai 84 km, 65 mil dari bibirnya merupakan laut bebas dilintasi pelayaran Internasional, ungkapnya kepada Garut News, seusai membuka seminar yang digelar Forum Rakyat Garut (FRG).

         Pada perhelatan yang mengusung tema, Kepedulian Terhadap Air Yang Merupakan Kebutuhan Pokok Dalam Kehidupan dan Tentang Pertambangan di Kabupaten Garut itu, Bupati juga mengemukakan, sekurangnya di Garut terdapat potensi 12 jenis mineral pertambangan.

         Namun terkendala kondisi Sumber Daya Manusia (SDM), untuk mengelola serta memanfaatkannya secara maksimal, katanya.

         Sedangkan produk eksploitasi geothermal (panasbumi) yang berlangsung sejak 1984, Kabupaten Garut hanya bisa mendapatkan royalty nya mulai 2009, itupun nilainya masih jauh dari harapan.

         Potensi lautnya pun masih belum bisa dioptimalkan, sehingga perlu diupayakan bersama mengenai bagaimana, agar seluruh sumber kekayaan SDA di daerah ini dapat dikelola sendiri, imbuhnya.

          Sedangkan tentang kegiatan pertambangan emas di Cihideung Kecamatan Cikajang, masih gencar dilakukan kajian dan investigasi secara yuridis, ketenagakerjaan serta kajian sosial ekonomi, oleh tim gabungan.

         Hal itu juga dikemukakan Kepala Seksi Pengelolaan Pertambangan pada Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) setempat, A. Dimyati kepada Garut News.

         Dia katakan, seminar inipun sebagai upaya memberikan kontribusi pemikiran terhadap penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

         Menyusul Undang-Undang Pertambangan tahun 2009, dinilai tidak sentralistik melainkan sejalan dengan penyelenggaraan Otonomi Daerah (OTDA), katanya.

         Ketua FRG, Mulyono Khadafi menyatakan, lembaganya memiliki gagasan dan kepedulian agar aspirasi masyarakat bisa diakomodasi dalam penyusunan Raperda Tentang Pertambangan di Kabupaten Garut, katanya pula. *** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: BUPATI : GARUT MILIKI KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN KOMPETITIF Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top