728x90 AdSpace

wisata

  • Latest News

    Copyright GarutNews.Com. Diberdayakan oleh Blogger.

    KETAHANAN PANGAN TERBENTUR REDAHNYA DAYA BELI MASYARAKAT

    Garut News, (21/6).

          Kualitas ketahanan pangan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbentur masih rendahnya daya beli masyarakat, serta relatif rendahnya sebagian besar pendidikan formal penduduk.

          Meski di kabupaten ini, memiliki beragam potensi pangan selain beras, yang jika diolah dan dimanfaatkan, memiliki substitusi protein yang setara dengan beras bahkan lebih tinggi, ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan setempat, Ir Sutarman kepada Garut News, Senin.

         Dia mengemukakan, rendahnya daya beli serta sebagian besar penduduk yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD), bisa menjadi penyebab rentannya ketahanan pangan, kendati pembahasan masalah ketahanan pangan dilaksanakan sejak 2004 silam.

          Sedangkan mengenai adanya kualitas alokasi beras untuk masyarakat miskin (raskin), yang jelek bahkan terdapat banyak belatung, merupakan hal teknis berupa pola penyimpanan serta masih tingginya kadar air yang tak memenuhi syarat, katanya.

          Namun surplusnya produk beras di Kabupaten Garut selama ini, juga tak berpengaruh banyak terhadap ketahanan pangan, jika daya beli masyarakatnya rendah.

          Kepala Dinsosnakertrans setempat, Hj. Elka Nurhakimah mengatakan, institusinya bisa membantu peningkatan kualitas ketahanan pangan melalui kegiatan padat karya, yang tahun ini dilaksanakan Provinsi Jawa Barat di Kecamatan Bungbulang dan Talegong.

           Sedangkan pihaknya telah mengusulkan bisa dilaksanakannya kegiatan padat karya, untuk 60 paket ke pemerintah pusat yang juga diharapkan bisa terealisasi pada perubahan APBN 2010 maupun APBN murni 2011 mendatang, katanya. **** (John).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: KETAHANAN PANGAN TERBENTUR REDAHNYA DAYA BELI MASYARAKAT Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    LIHAT ARSIP LAMA BERITA SILAHKAN KLIK www.garutnews.weebly.com
    Scroll to Top